contact
WA: 0822-8846-7823
SMS: 0822-8846-7823
Call: 0822-8846-7823
BBM: D7DB3491
ebsofmail@gmail.com

PHP Syntax V.7

Posted in Topik PHP Life at 26 September 2017 With 0 Comments

Sintaks PHP merupakan aturan atau Tata Cara Penulisan Perintah PHP. Pada sekarang ini dimana Versi PHP terus di perbaharui, dan sekarang Sudah V.7. Pada tanggal tanggal 03 Dec 2015 PHP.NET melalui situs resminya telah mengumumkan versi terbarru dari PHP, yaitu PHP 7.0.0.. Nah di tutorial ini akan dibahas Versi PHP yang baru, Kenapa..? jawaban nya sederhana , karena yang lama udah gak pake lagi, alias ketinggalan zaman .
Sintaks Dasar PHP

  • Baris=baris Perintah PHP bermula dengan <?php dan berakhir dengan ?>
  • Baris=baris Perintah PHP dapat ditempatkan dimana saja pada suatu halaman PHP.
  • Ekstensi untuk file dari halaman PHP adalah .php
<?php 
...kode php anda..
?>

Kode-kode PHP yang dapat dieksekusi pada PHP membentuk Pernyataan PHP yang satu dengan lainnya harus dipisahkan dengan tanda titik koma (;).

Fungsi PHP Buatan adalah suatu blok dari kode-kode PHP yang dieksekusi hanya bila dilakukan pemanggilan terhadap nama dari fungsi tersebut. Sintaks PHP yang umum untuk Penulisan Fungsi PHP Buatan mengandung Block dari pernyataan-pernyataan di dalam fungsi itu sendiri, diawali dengan { dan diakhiri dengan }.

Komentar PHP

Penulisan Komentar PHP dimaksudkan untuk memberikan keterangan terhadap suatu bagian Pernyataan PHP, sehingga memungkinkan programer lain mengerti tahapan yang dilakukan, disamping untuk mengingatkan kita sendiri saat akan melakukan perubahan setelah beberapa bulan atau bebarapa tahun kemudian. Komentar pada PHP tidak akan dieksekusi dan tidak terlihat saat halaman dibuka.

Penulisan Komentar PHP bahkan dapat juga dimanfaatkan untuk menon-aktifkan suatu baris Perintah PHP sehingga tidak turut dieksekusi saat halaman PHP di aktifkan, yaitu dengan menambahkan simbol yang digunakan untuk menandainya sebagai Komentar PHP, seperti yang akan dikemukakan berikut ini.

Sintaks PHP untuk Penulisan Komentar PHP dapat dlakukan dalam 3 cara berikut ini:

  • Diawali dengan //    ,digunakan untuk satu baris tunggal komentar.
  • Diawali dengan #    ,juga digunakan untuk komentar yang terdiri dari satu baris tunggal.
  • diapit oleh /* ...  */    ,digunakan untuk komentar dengan jumlah baris lebih dari satu.

Contoh Sintaks Dasar PHP

PHP dituliskan pada file dengan ekstensi .php. pernyataan <?php menandai awal dan pernyataan ?> menandai akhir dari pernyataan-pernyataan PHP. Pernyataan-pernyataan PHP harus dipisahkan oleh titik koma (;), walaupun dituliskan terpisah baris, kecuali untuk tanda blok awal dari fungsi, {, dan tanda blok akhir dari fungsi, } yang keduanya secara otomatis sudah dianggap sebagai pemisah.

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<h4>Contoh Sintaks Dasar</h4>
<p>Ini adalah paragraf dari HTML</p>

<?php
   echo "<p>Hallo, Are you Ready PHP</p>";
?>

</body>
</html>

Cara Menjalankan Code PHP

Untuk anda yang baru belajar php, mungkin masih bingung cara menjalankan script PHP, script PHP tidak bisa dijalankan begitu saja dengan browser seperti File HTML, Script PHP harus dijalankan di web server, kenapa ..? karena PHP merupakan bahasa pemrograman di sisi server , Ok berikut Cara menjalankan script PHP :

  1. Pastikan paket Apache dan Mysql di Xampp Sudah berjalan
  2. Simpan file dengan extensi .php di Folder Xampp/htdocs/namafolder/namafile.php
  3. Jalankan dibrowser dengan memanggil alamat di addres bar browser  "localhost/namafolder/namafile.php" , tanpa tanda petik

Hasil

Hallo, Are you ready PHP

Diskusi