contact
WA: 0822-8846-7823
SMS: 0822-8846-7823
Call: 0822-8846-7823
BBM: D7DB3491
ebsofmail@gmail.com

PHP Konstanta ( Constant )

Posted in Topik PHP Life at 05 September 2016 With 0 Comments

Selanjutnya adalah mengenai konstanta ( constant ) dimana pengertian konstanta sendiri menurut Wikipedia adalah suatu lokasi penyimpanan (dalam memory) yang berisikan nilai yang sifatnya tetap dan tidak bisa diubah sepanjang program berjalan (wikipedia).

Dari pengertian tersebut diatas secara jelas perbedaan antara konstanta dengan variable, variable nilainya dapat dirubah selamat program berjalan sedangkan konstanta apabila sudah diberikan nilai tidak dapat dirubah lagi didalam kode pemrograman.

Aturan penulisan Konstanta

Untuk mendefinisikan konstanta didalam PHP ada dua cara :

  1. Menggunakan keyword const
  2. Menggunakan fungsi define

Penulisan konstanta dengan keyword const hanya dapat digunakan pada lingkungan global PHP. Sehingga kita tidak bisa menggunakannya didalam function, loop, atau if. Apabila membutuhkan konstanta didalam fungsi  maka harus menggunakan define.

Mendefinisikan konstanta menggunakan const caranya hamper sama dengan membuat variable namun apabila didalam variable kita menggunakan tanda dolar ( $ ) maka dalam konstanta menggunakan const atau  define. Contohnya adalah seperti dibawah ini

Menggunakan const :

<?php
const nama = "Budi";
echo nama;
?>

Menggunakan define membutuhkan dua nilai contohnya  :

<?php
define ("nama","Budi");
echo nama;
?>

Dan aturan penamaan konstanta aturanya sama dengan penamaan variable.

  • Konstanta bersifat case sensitive
  • Nilai konstanta tidak dapat dirubah
  • Konstanta didalam PHP hanya dapat berisi tipe scalar ( Boolean, integer, float, string )
  • Predifined Constant, seperti dalam variable php pun sudah menyediakan beberapa konstanta yang telah didefinisikan dan tidak bisa di ubah nilainya sebagai contoh adalah :
PHP_VERSION, PHP_MAJOR_VERSION, PHP_MINOR_VERSION, PHP_RELEASE_VERSION, PHP_VERSION_ID, PHP_EXTRA_VERSION, PHP_ZTS, PHP_DEBUG, PHP_MAXPATHLEN, PHP_OS, PHP_SAPI, PHP_EOL, PHP_INT_MAX, PHP_INT_SIZE, DEFAULT_INCLUDE_PATH, PEAR_INSTALL_DIR, PEAR_EXTENSION_DIR, PHP_EXTENSION_DIR, PHP_PREFIX, PHP_BINDIR, PHP_BINARY, PHP_MANDIR, PHP_LIBDIR, PHP_DATADIR, __LINE__ , __FILE__ , __DIR__ , __FUNCTION__ , __CLASS__ , __TRAIT__ , __METHOD__, __NAMESPACE__,

PHP Variabel
Previous Post
PHP String
Next Post

Diskusi