contact
WA: 0822-8846-7823
SMS: 0822-8846-7823
Call: 0822-8846-7823
BBM: D7DB3491
ebsofmail@gmail.com

Readmore atau Baca Selengkapnya di PHP

Posted in PHP MYSQLi Life at 09 Maret 2017 With 0 Comments

Tutorial yang kita bahas kali ini yaitu Cara Membuat Readmore atau Artikel Selanjutnya dengan PHP , Dalam Membuat Website Berita tentu kita membutuhkan fungsi seperti ini , Biasa disebut readmore (dalam bahasa inggris ) , baca selengkapnya , baca selanjutnya.. atau dengan kata-kata yang lainnya.. intinya disini artikel yang ada dipotong menjadi beberapa kata untuk mempersingkat dan menghemat tampilan beritanya.. Nah silahkan terapkan source code dibawah ini :

Script PHP Membuat Readmore

Berikut ini merupakan contoh fungsi php yang sederhana dan dapat anda modifikasi lagi sesuai dengan kebutuhan anda :

Disini saya akan memberikan tehnik readmore secara sederhana saja, dimana membuat readmore ini saya gunakan adalah fungsi substring dalam PHP. Berikut adalah format standar penggunaan substring dalam PHP.

substr(string, karakter_awal, panjang_karakter);

Keterangan: String yang dimaksud adalah string yang ingin disubtring. Karakter_awal adalah index karakter darimana string mulai dipotong. Panjang_karakter adalah panjang karakter yang akan ditampilkan dari nilai awal. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat contoh dibawah ini:

 $string = "Ini Blog IT Programmer"; 
//menampilkan Ini Blog IT
$ex1 = substr($string, 0, 10);
//menampilkan Blog $ex2 = substr($string, 5, 4);

Pada contoh pertama, pemotongan string dimulai dari index ke 0, dan diambil 10 karakter dari index ke 0, sehingga nantinya hasilnya adalah Ini Blog IT. Pada contoh kedua, pemotongan string dimulai dari index ke 5, yaitu huruf B, dan diambil sejumlah 4 karakter dari index ke 5, maka hasilnya adalah Blog. Jika kalian sudah paham, sekarang saya akan memulai membuat fungsi dengan substring. Fungsi yang saya buat adalah dimana nantinya sring akan dipotong, lalu setelah dipotong, maka string tersebut akan ditambahkan tanda titik sebanyak 3 kali.

<?php
function readmore($string){
$string = substr($string, 0, 200);
$string = $string . "...";
return $string;
}
?>

Adapun contoh penggunaanya adalah:

<?php
//Cara penggunaannya $kalimat = "Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum." //menampilkan string yang dipotong
echo readmore($kalimat);
?>

Itu adalah tehnik sederhana membuat readmore. Pada contoh diatas saya hanya menampilkan sejumlah 200 karakter awal saja. Jadi misalkan ada artikel dengan panjang 1000 karakter, setelah digunakan teknik readmore, maka hanya akan muncul 200 karakter awal saja.

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Diskusi